PROFIL PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA


A.  RIWAYAT SINGKAT BERDIRINYA PROGRAM STUDI
     PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNINUS

Awal pendirian program studi Pendidikan Matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), bertepatan pada saat  fakultas sedang dalam masa kejayaan yang ditandai dengan adanya peningkatan kuantitas mahasiswa dan kualitas akademik  serta pesatnya pembangunan fisik kampus, yaitu pada tahun 1981, dibawah kepemimpinan Bapak R. Iyeng Wiraputra, M.Sc. selaku dekan FKIP.  Perintis pendirian program studi Pendidikan Matematika di FKIP Uninus ini adalah Bapak H. Endi Nurgana, Drs., sebagai Ketua Program Studi  dan Bapak Sueb Sudaryat, Drs.,  sebagai sekretarisnya. Masa kepemimpinan Bapak H. Endi Nurgana dan Bapak Sueb Sudaryat, Drs., berahir sampai tahun 1988 . Kemudian dari tahun 1988 sampai tahun 1992 ketua Program Studi Pendidikan Matematika masih dipegang oleh Bapak H. Endi Nurgana, Drs., yang didampingi oleh H. Asep Darodjat sebagai sekretarisnya. Dari tahun 1992 sampai dengan tahun 1996 pimpinan Program studi ini beralih dari generasi perintis kepada generasi penerus secara utuh, yaitu ketua dipegang oleh H. Asep Darodjat , Drs. dan Sekretaris dipegang oleh Hj. Nurjanah, Dra..  Dari tahun 1996 sampai tahun 2004. Ketua Program studi masih dipegang oleh H. Asep Darodjat , Drs., sedangkan sekretaris dipegang oleh Yayu Lailasulastri, Dra. . Periode tahun 2004 sampai tahun 2008, program studi masih diketuai  oleh H. Asep Darodjat, Drs., sedangkan sebagi skretarisnya adalah Heru Sujiarto, Drs., M.Pd. .Periode tahun 2008n sampai tahun 2013 Program studi pendidikan matematika di pimpin oleh Heru Sujiarto, Drs.,M.Pd. sebagai Ketua dan H. Asep Darodjat, Drs. Sebagai skretarisnya.
  Dari dimensi filosofis, pembentukan program studi ini pada dasarnya merupakan salah satu perwujudan dan realisasi jati diri UNINUS yang diamanatkan oleh para pendirinya, yaitu agar senantiasa berupaya dengan niat yang kuat untuk memasyarakatkan ilmu secara konstektual dan fungsional yang berguna bagi kepentingan masyarakat dan kejayaan bangsa. Sedangkan dari aspek operasional, program studi ini didirikan untuk merespon kebutuhan tenaga guru matematika sekolah  menengah pertama maupun sekolah menengah atas, yang saat itu sangat dibutuhkan terutama di Jawa Barat, baik itu dari sisi jumlah maupun kualifikasinya.
B.  LEGALITAS

Ijin penyelenggaraan program studi Pendidikan Matematika diperoleh dari Direktorat Jendrall Pendidikan Tinggi Depatemen Pendidikan Nasional dengan ijin perpanjangan melalui nomor 649/D/T/2004 pada tanggal 19 Pebruari 2004.  
Dalam perkembangannya, program studi Pendidikan Matematika FKIP-UNINUS memperoleh status Terdaftar pada tanggal 26 Maret 1985, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0151/O/1985,
Dengan adanya Badan Akreditasi Nasional (BAN) , maka pada tahun 1998 program studi ini diajukan melalui BAN untuk memperoleh status akreditasi dan pada tanggal 22 Desember 1998, diperoleh SK dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 1701 / Ak-II.1 / UIECDM / XII / 1988. yang menyatakan status akreditasi dengan nilai “B” .
Kemudian pada tahun 2004, program studi Pendidikan Matematika FKIP Uninus kembali memperoleh status terakreditasi dengan nilai “B” berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 017/BAN-PT/Ak-VII./S1/IV/2004., sampai saat ini.

C.  TUJUAN VISI DAN MISI  PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
 MATEMATIKA FKIP UNINUS

1. TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Uninus mempunyai tujuan sebagai berikut::
a. Melahirkan sarjana pendidikan matematika yang: menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran matematika.
b.  Melahirkan sarjana pendidikan matematika yang menguasai dan memahami hakikat kurikulum matematika termasuk penela’ahan dan pengembangannya.
c. Melahirkan sarjana pendidikan matematika yang mampu menghayati, meneliti dan menemukan solusi berbagai perso’alan pendidikan umumnya dan pendidikan matematika pada khususnya.
d. Melahirkan sarjana pendidikan matematika yang mampu menyusun dan mengevaluasi dengan baik setiap program pendidikan dan pengajaran baik yang dilakukan di dalam atau di luar lembaga pendidikan.
e. Melahirkan sarjana pendidikan matematika yang dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidang matematika.
f.  Melahirkan sarjana pendidikan matematika yang memiliki akhlak mulia.

 

2. Visi Program Studi Pendidikan Matematika


Mempersiapkan lulusannya menjadi tenaga kependidikan bidang matematika yang bermutu, terampil dan berakhlak mulia.

3. Misi Program Studi Pendidikan Matematika

1. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran matematika dengan senantiasa memperhatikan efektifitas, effisiensi dan kualitas lulusan.
2. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan matematika sebagaii upaya pengembangan ilmu pendidikan matematika.
3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan matematika sebagai upaya meningkatkan relevansinya dengan kebutuhan masyarakat.
4. Melaksanakan pembinaan akhlakul karimah dan kepribadian yang relevan dengan budaya bangsa.

0 Response to "PROFIL PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA"

Posting Komentar